Manajemen Produk

MANAJEMEN PRODUK BARU


A. KONSEP PRODUK BARU

Dinamika lingkungan bisnis berdampak pada perubahan selera dan preferensi pelanggan.Perubahan ini pada gilirannya menuntut inovasi dan kreativitas setiap organisasi agar dapat menyempurnakan produk yang sudah ada dan mengembangkan produk baru dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidup dan pofitabilitas perusahaan. Tidak sedikit perusahaan yang menghasilkan lebih dari separuh pendapatannya dari produk-produk yang diintroduksi dalam waktu 5 tahun terakhir, diantaranya 3M, Sony, Intel, dan seterusnya. Kendati demikian, pengembangan produk baru tidak lepas dari biaya, ketidakpastian, dan risiko kegagalan.

Sebelum membahas proses pengembangan produk baru, ada baiknya konsep produk baru dikupas terlebih dahulu. Secara garis besar, aktivitas pengembangan produk baru bisa menghasilkan 6 macam tipe produk baru.

  1. Produk baru bagi dunia (new-to-the-world products), yaitu produk-produk yang menciptakan pasar yang sama sekali baru dan membentuk siklus hidup produk yang baru.
  2. Lini produk baru (new product line), yaitu produk-produk yang baru bagi perusahaan, namun diluncurkan bagi pasar yang sudah ada.
  3. Perluasan lini (line extension), yaitu produk baru yang memungkinkan perusahaan memperluas pasar yang dilayani dengan menawarkan manfaat yang berbeda.
  4. Penyempurnaan produk yang telah ada (improvements to existing products), yaitu produk-produk yang biasanya dirancang untuk menggantikan penawaran produk yang sudah ada.
  5. Repositioning, yaitu pengembangan teknis yang memungkinkan suatu produk menawarkan aplikasi baru dan melayani kebutuhan yang baru.
  6. Pengurangan biaya (cost reductions), yaitu versi dari produk yang ada yang dapat memberikan kinerja setara pada tingkat harga yang lebih murah.

Download file: Manajemen Produk

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s